Kamis, 07 November 2013

PENGANTAR TELEMATIKA

Apa itu Telematika? Mari kita ketahui apakah itu Telematika.

Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah:

a. Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.

b. Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology). Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).

Telematika itu sendiri dapat diartikan sebagai sistem jaringan komunikasi jarak jauh dengan teknologi informasi yang lebih mengacu kepada industri yang berhubungan dengan menggunakan komputer dalam sistem telekomunikasi. Salah satu contoh telematika yaitu internet.
Istilah telematika juga sering dipakai untuk beberapa macam bidang, seperti :

  • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  • Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  • Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
jadi kapan (when), dimana (where), kenapa (why), siapa (who), apa (what), dan bagaimana (how) adalah suatu pertanyaan yang saling terkait satu dengan yang lainnya. "Pengantar Telematika" itu akan digunakan untuk mewakili pertanyaan tersebut :

1. Kapan (When)
    Kapan Telematika akan digunakan ? Telematika yang telah dijelaskan diatas adalah sebuah sistem komunikasi jarak jauh yang mengacu pada hubungan dengan menggunakan sebuah teknologi komputer. Jadi sebuah teknologi komunikasi dapat digunakan kapan pun untuk mempermudah seorang untuk mencari atau menerima sebuah informasi.

2. Dimana (Where)
   Dimana sebuah informasi dapat dicari, diterima, dan disimpan ? dengan berkembangnya sebuah teknologi komunikasi yang memudahkan seseorang ingin mencari informasi menggunakan teknologi yang didukung dengan koneksi ke internet seseorang dapat dengan mudah mendapatkan nya dimana saja.

3. Kenapa (Why)
    seiring dengan perkembangan zaman dimana kebutuhan mendapatkan informasi yang cepat, akurat dan up to date meningkat, karenanya, kebutuhan penggunaan telematika tidak dapat dipungkiri lagi. misal :
* pada bidang transportasi, penggunaan telematika dapat memberikan informasi jalur tercepat dan termudah dalam berkendara juga dapat melacak keberadaan suatu kendaraan (penggunaan GPS).
* pada bidang pemerintahan, penggunaan telematika dapat mendukung kegiatan pemerintah dalam memberikan pelayanan prima (misalkan : e_goverment) dan lain sebagainya.
http://azul-jellyfish.blogspot.com/2012/10/telematika-what-who-when-where-why.html

4. Siapa (Who)
    Siapa pun dapan menggunakan telamatikan saat ini karena perkembang zaman yang semakin maju terhadap dunia teknologi.

5.Apa (What)
   What : apa yang dimaksud dengan telematika ?

berikut beberapa definisi yang saya dapat dengan browsing melalui internet.

Telematika adalah singkatan dari Telekomunikasi dan Informatika. Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang. Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology). Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
 id.wikipedia.org/wiki/Telematika

Telematika adalah istilah untuk mendefinisikan Telekomunikasi melalui media informatika. Berdasarkan definisi di atas telematika sebenarnya mencakup dua teknik yaitu: telekomunikasi dan informatika.
http://telematika.web.id/index2.shtml

6. Bagaimana (How)
    Bagaimana telematika digunakan? telematika digunakan untuk mencari ataupun menerima informasi menggunakan teknologi komputer yang dapat dilakukan kapan, dimana, kenapa, siapa, dan apa informasi itu didapat atau diterima.

http://bagasirawanganteng.blogspot.com/2012/10/pengantar-telematika.html








Tidak ada komentar:

Posting Komentar